50+ Contoh Teks Anekdot Penjelasan Struktur Analisis Lengkap

Beberapa waktu lalu sempat populer seseorang yang bernama Mukidi berawal dari grup WhatsApp ataupun grup BBM nama Mukidi semakin populer satu hal yang membuat orang tersebut populer adalah karena menjadi tokoh cerita lucu yang memang cukup familiar di Indonesia dan menggelitik bagi siapa saja yang membacanya. Cerita-cerita lucu memang sangat menarik untuk dibahas dan juga dibaca karena kadang-kadang kita akan merasa tertawa geli saat mengingat cerita yang tertulis.

Adapun untuk Anekdot itu sendiri memang juga berkaitan dengan kata-kata yang bernuansa humor, tetapi pesan yang disampaikan dari teks anekdot ini memang lebih tajam sehingga lebih terkesan kepada kritik yang berkaitan dalam perubahan berbagai hal khususnya kejadian yang sedang populer di masyarakat baik berkaitan dengan bidang sosial atau bahkan politik.

Untuk membuat teks anekdot memang diperlukan keahlian yang khusus tetapi satu modal yang paling harus dimiliki oleh pembuat teks anekdot adalah rasa humornya yang tinggi agar nantinya setiap sindiran ataupun kritikan yang tertulis tidak akan menyakiti orang lain tetapi justru membuat orang tersebut merasa ingin senyum walaupun dalam hatinya terasa kurang nyaman.

Teks Anekdot

Tujuan dari dibuatnya teks anekdot tersebut memang cukup banyak salah satu yang paling utama adalah membuat orang bisa tertawa geli termasuk juga senyum kecut karena mungkin sedang tersindir oleh teks tersebut pada intinya diharapkan semua orang bisa merasa terhibur dan termasuk juga diharapkan mampu membangun sikap serta karakter yang jauh lebih baik sehingga nantinya tidak akan membuat kebiasaan yang saat ini mungkin sedang populer tetapi kurang begitu positif akan berlanjut menjadi kebudayaan yang nantinya tentu akan berpengaruh pada kepribadian generasi penerus bangsa Indonesia.

Anekdot yang saat ini berseliweran di dunia maya biasanya juga berkaitan dengan tokoh-tokoh penting yang ada di Indonesia tak terkecuali untuk mereka yang merupakan seorang politisi. Dimana mereka adalah tokoh yang paling mudah untuk dikenali sehingga setiap orang yang membaca teks anekdot tersebut akan langsung tanggap dan merespon isi dari pesan yang ingin disampaikan.

Untuk menjadikan teks anekdot tersebut sukses tidak serta-merta harus memiliki susunan kata yang terlalu sulit untuk dipahami termasuk juga tidak perlu menulis kalimat yang terlalu banyak karena justru membosankan, akan lebih menarik jika teks anekdot ini disusun seperti dialog sehingga orang akan lebih mudah untuk mengikuti alur pesan maupun kritik yang ada di dalam teks tersebut.

Sangat berbeda ketika teks anekdot dibuat dengan model cerita yang memanjang yang tentu saja kurang begitu menarik sehingga mungkin akan kurang begitu diminati oleh para pembaca. Tantangan membuat teks anekdot yang paling sulit adalah menggunakan kalimat yang sangat minim tetapi memiliki tingkat humor yang sangat tinggi dan padat pesan moral.